Pelatihan Menggambar kartun Digital Di Kalangan Ibu Guru PAUD Asy Shyfa Dengan Media Adobe Ilustrator

Sumber: Zaini Ramdhan

Bale Endah adalah salah satu desa  yang ada di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Banyak sekolah-sekolah berbasis PAUD yang di dalamnya juga mereka mendidik puluhan anak-anak yang belajar di sekolah PAUD. Dalam Permasalahan kompetensi gurunya terkadang masih kurang dalam hal kecakapan dalam media informasi yang memang sekarang sudah harus dikuasai oleh para guru di era milenial.   Kegiatan Pelatihan tentang bagaimana menggambar Digital memakai teknologi Informasi di era sekarang memang sudah merupakan keharusan yang harus di milki keahlihan dari guru selain mengajar. Karena guru sekarang harus kreatif dalam menyajikan alat pengajaran buat anak didiknya di kelas atau di ruang virtual.  Yang menjadi sasaran atau mitra adalah para ibu Guru PAUD yang menjadi mitra sasar dengan alasan bahwa ibu-ibu guru paling rentan terkena dampak  apalagi dengan kondisi work from home, dan PSBB, menjadikan guru harus berfikir lebih keras bagaimana pengajaran bias disajikan dari jarak jauh.Program pelatihan bagi guru Paud dengan program pelatihan menggambar digital melalui teknologi informasi.  Program pemerintah untuk melawan Covid 19, dan bisa bekerja dari rumah (WFH) merupakan saat yang tepat untuk memberikan pelatihan kepada para guru dengan program Video meeting atau pelatihan dengan jarak jauh (PJJ). Adapun mitra sasar adalah para guru muda yang ada di daerah kabupaten Bandung terutama guru Paud yang tergabung dalam Asy Shyfa.

Gambar 1: Pemaparan Materi Secara Daring

Permasalahan prioritas mitra lebih pada kurangnya informasi  yang berhubugan dengan pembatasan social (new normal pandemic era) dengan media informatif dan digital media informasi (TIK), dari permasalahan tersebut kami mengangkat sebagian masyarakat terutama guru Paud di daerah Kab. Bandung yaitu kecamatan Bale Endah, dimana para Guru yang sering berhubungan dengan anak usia dini untuk lebih diberi pengetahuan yang lebih bagaimana menangani materi gambar untuk anak yang bisa dibuat di media informasi berupa aplikasi software yang bisa membantu para guru Paud dalam mempersiapkan materi belajar buat anak-anak secara cepat.

Gambar 2 : Poster kegiatan

Solusi yang ditawarkan disesuaikan dengan permasalahan pokok yang dihadapi oleh para guru Paud adalah mengedukasi para Guru melalui media informasi  dengan materi Adobe Ilustrator Basic.  Luaran berupa materi presentasi tentang konten yang dibuat kedalam  modul, pengetahuan tentang bagaimana ranah kerja software dan pengetahuan tentang keilmuan DKV dalam bidang Visual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *