Pelatihan Copywriting Untuk Promosi New Normal Pasca Covid-19 Produk UMKM Untuk Mahasiswa STFI

Sesuai dengan salah satu butir dari Tri Dharma perguruan tinggi yaitu dosen berkewajiban untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat selain mengajar dan meneliti. Maka dari itu, laporan akhir ini disusun dan dibuat untuk susulan kegiatan para pengajar serta mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom melaksanakan salah satu butir Tri Dharma perguruan tinggi yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Adapun ringkasan kegiatan yang telah dilaksanakan adalah dalam membantu mengembangkan promosi produk UMK Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Pasir Salam Tasikmalaya yang bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI-Bandung).

Adapun bentuk kegiatan dari program ini adalah, memberikan pelatihan dasar mengenai copywriting dan manfaatnya dalam promosi bagi kelompok mahasiswa di Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI-Bandung). Tujuannya, setelah mengikuti pelatihan ini, para mahasiswa STFI Bandung ini mampu membuat copywriting produk dari UMK Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Pasir Salam Tasikmalaya yang digunakan sebagai media promosi.

Kegiatan yang telah dilaksanakan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih keilmuan khususnya program studi Desain Komunikasi Visual untuk masyarakat umum, kemudian juga untuk membantu mengembangkan potensi dari mahasiswa STFI Bandung melalui kegiatan pelatihan. Manfaat dari kegiatan ini antara lain, setelah mengikuti pelatihan ini, para mahasiswa STFI Bandung ini diharapkan mempunyai kemampuan dasar dalam merancang copywriting. Selain itu telah diberikan wawasan berpromosi dengan naskah iklan, diharapkan juga ada manfaat lebih dari sekedar mengikuti pelatihan, yaitu kegiatan mahasiswa dalam menjual produk UMK dapat bernilai ekonomi bagi mitra sasar dari produksi UMK yaitu masyarakat anggota Badan Usaha Milik Desa Pasir Salam Tasikmalaya.

Terkait dengan permasalahan yang ada di masyarakat sasar yang akan di tuju, pada awalnya bentuk solusi yang akan diberikan adalah dalam bentuk pelatihan, dimana tim Pengabdian Masyarakat yaitu dosen Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom akan memberikan materi dalam bentuk pelatihan dan praktek ketrampilan merancang copywriting untuk produk-produk UMK kepada mahasiswa STFI. Akan tetapi berhubung dengan masa pandemi yang terjadi sejak bulan Februari 2020, maka bentuk pelatihan di Desa (Bumdes) Desa Pasir Salam Kec. Mangunreja, Tasikmalaya diubah menjadi pelatihan merancang copywriting secara daring kepada mahasiswa STFI melalui platform digital (Zoom). Meskipun terjadi beberapa perubahan bentuk kegiatan, namun harapannya adalah, ilmu yang telah diberikan tetap bisa dipergunakan untuk mengembangkan produk UMKM yang sudah dibuat secara maksimal dan berdampak dengan tumbuhnya ekonomi di Desa (Bumdes) Desa Pasir Salam Kec. Mangunreja, Tasikmalaya.

Sesuai dengan perubahan rencana kegiatan yang telah dilakukan, maka pelatihan mahasiswa yang awalnya berbentuk tatap muka langsung diubah menjadi pelatihan secara daring setelah dilakukan koordinasi dengan pihak STFI. Mahasiswa yang menjadi peserta dalam pelatihan ini menghadiri kegiatan tersebut dari kediaman masing-masing. Sehingga protocol Kesehatan tetap dilakukan untuk menghindari resiko-resiko Kesehatan yang mungkin akan muncul. Pada hari yang sudah ditentukan, tim dosen telah diundang melalui platform Zoom dan langsung memberikan pelatihan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Setelah kegiatan selesai maka selanjutanya diadakan evaluasi dan pelaporan kegiatan.

Mitra dalam pelaksanaan program abdimas ini adalah Pengelolaan Binaan Mitra Binaan Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia dengan Bapak Syarif Hamdani, M.Si (Pengelola Mitra Binaan Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia) sebagai kontak untuk semua kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini. Partisipasi dari mitra ini adalah menyediakan sarana/ tempat untuk kegiatan dan juga peserta pelatihan perancangan copywriting UMKM ini merupakan mahasiswa-mahasiswa STFI yang aktif dalam mengelola produk yang telah dibuat, termasuk aktivitas promosinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *