Pengenalan Industri Game untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung

Saat ini dunia sedang mengalami revolusi industri 4.0 dimana teknologi berbasis komputer (digital) berkembang sangat pesat. Industri game merupakan salah satu industri dengan perkembangan yang paling pesat dalam revolusi industri saat ini. Game merupakan salah satu media yang memiliki banyak peran dan dapat menjembatani berbagai informasi atau edukasi dari desainer kepada para pemain. Game mempunyai kategori audiens dengan rentang umur yang luas. Generasi muda adalah salah satu penikmat game yang jumlahnya paling besar. Pemakaian gawai serta alat-alat pendukung lain yang semakin canggih membuat generasi muda dapat menikmati dan memainkan game secara digital baik online maupun offline. Meskipun sudah banyak remaja Indonesia yang aktif bermain game, namun mereka masih belum mengerti apa saja elemen dasar yang membentuk game yaitu gameplay dan mekanisme game.

Berdasarkan fenomena tersebut, serta melihat adanya potensi pada para siswa SMK 15 Bandung di bidang game, tim Pengabdian Masyarakat kami akan mengadakan “Pengenalan Dasar-Dasar Game untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung” dengan tujuan untuk mengenalkan apa saja elemen dasar yang harus dirumuskan saat ingin memproduksi sebuah game kepada para siswa jurusan multimedia di SMKN 15 Bandung.

Berdasarkan fenomena tersebut serta melihat adanya potensi pada para siswa SMK 15 Bandung di bidang game, tim Pengabdian Masyarakat kami akan mengadakan “Pengenalan Dasar-dasar untuk Siswa-Siswi SMKN 15 Bandung” dengan tujuan untuk mengenalkan potensi industri game khususnya di daerah Bandung kepada para siswa jurusan multimedia.

Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini terdiri dari 3 dosen Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Telkom University. Untuk tahapan kegiatannya terbagi menjadi tiga yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil akhir.

Kegiatan pelaksanaan abdimas oleh Tim Dosen DKV akan melakukan penawaran untuk mempresentasikan maksud, tujuan dan rencana kegiatan. Selanjutnya tim dosen akan mempersiapkan materi/ bahan untuk diberikan kepada siswa jurusan multimedia di SMKN 15 Bandung. Pada hari yang telah disepakati, tim dosen memberikan pelatihan/ tutorial baik itu secara daring maupun tatap muka.

Evaluasi pelaksanaan program adalah membagikan keilmuan yang kami miliki untuk diteruskan kepada siswa jurusan multimedia di SMKN 15 Bandung. Dalam hal ini dipilih para siswa multimedia dengan harapan, melalui kegiatan pelatihan ini dapat membantu dan memotivasi mereka untuk mengembangkan potensi industri game lokal.

Keberlanjutan program setelah kegiatan dilaksanakan, diharapkan materi pelatihan dapat diimplementasikan dengan baik dan memotivasi siswa untuk berlatih membuat game terutama game-game yang mengangkat tradisi lokal atau budaya.

Apabila terlaksana dengan baik, diharapkan lembaga yang menaungi kami (Universitas Telkom) dapat membantu mensukseskan kelanjutan program ini untuk masa yang akan datang. Kami mengharapkan seluruh pengajar dan instansi terkait di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 15 Bandung untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini yang kemudian berlanjut dengan topik lain dari Desain Komunikasi Visual, Universitas Telkom.

Tim :

Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds.
Arief Budiman, S.Sn., M.Ds.
Angelia Lionardi, S.Sn., M.Ds.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *